Google Adsense

Google Adsense

CARA DAFTAR GOOGLE ADSENSE

Tips sebelum Registrasi agar gampang di APPROVE oleh Google

Buatlah blog di Blogger dengan menggunakan Bahasa Inggris (Jika kesulitan copy & paste aja artikel gratis yang tersedia di internet, misalnya: Ezinearticles, Articlecity, dll). Alasan saya merekomendasikan pake blogspot karena menurut banyak pengalaman yang sudah terbukti memang lebih gampang kecuali sebelumnya kita sudah punya situs/blog sudah bagus dan punya traffic yang tinggi. Alasan lainnya karena Blogger sudah menjadi bagian dari Google sehingga google akan mengutamakannya.

Gunakanlah email Gmail, jika belum punya silahkan daftar dulu Gmail. Pesan saya jangan mudah menyerah, karena untuk mendaftar Google Adsense susah-susah gampang dan pada awalnya banyak yang gagal tapi setelah dicoba terus akhirnya diterima juga. Saya sendiri sampai mendaftar 4x baru bisa di approve oleh Google, jadi sebelum mendaftar perhatikan dulu blognya kira-kira sudah bagus nggak?

Usahakan isi postingannya panjang minimal 4 artikel dan mis: buat shotbox, bisa juga kita masukkan video (bisa diambil di Youtube atau Google). Jika dirasa perlu kita bisa meminta pendapat dari teman-teman yang sudah berhasil dibidang AdSense, intinya kita harus tahu apakah kira-kira blog kita sudah layak atau belum.

Setelah semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik tombol AdSense di sidebar blog ini (sebelah kanan dgn tulisan Generate revenue from your site with Google AdSense), akan muncul seperti pada gambar dibawah ini, Klik pada tulisan Sign up now >>.

2. Muncul Form Registrasi, isi dengan lengkap

Pada menu Website Information

Website URL, tulis alamat situs atau blog Anda. Contoh: http://nama-blog.blogspot.com;
Website Language, pilih English (gunakan website yang berbahasa Inggris).

4. Payee Name (Full Name)

Tulis nama lengkap sesuai dengan KTP, SIM atau rekening bank.

Address line 1, isi dengan alamat lengkap rumah
Address line 2 (optional), isi dengan alamat yang lain mis: rumah saudara, teman.
Telpon, (tidak wajib)
Faksimil, (tidak wajib)

5. Policies, centang semua kota yang ada tanda anda setuju mengadakan perjanjian dengan Google AdSense (sebaiknya baca dulu).

6. Login Information, isi dengan alamat email yang akan dipakai untuk login ke account Google AdSense apabila nanti sudah diterima (email Gmail yang tadi), pake email yang lain juga tidak jadi masalah.
7. SUBMIT INFORMATION, Periksa sekali lagi apakah semua sudah diisi dengan benar, jika sudah OK klik tombol SUBMIT INFORMATION.

8. Cek Email, klik link validasi yang dikirim otomatis ke email anda.

9. Selesai, Saat yang paling ditunggu apakah kita diterima oleh Google atau malah ditolak. Biasanya setelah 2 s/d 7 hari akan ada balasan dari Google, jika anda beruntung akan ada email seperti dibawah ini:
Subject: Welcome to Google AdSense

Congratulations!

Your Google AdSense Application has been approved. Your account is now activated, and Google ads are being delivered to your pages.
You can login to your AdSense account ata any time, to make change to your ad layout or to view your activity reports.

Dan seterusnya ….
Jika kurang beruntung anda akan dapat email kira-kira seperti di bawah ini
Unfortunately!
Dan seterusnya ….

Jika anda dapat email yang kedua, jangan bersedih dulu masih ada kesempatan selanjutnya. Kita bisa coba terus sampai berhasil, sangat sedikit orang yang berhasil mendaftar dengan sekali daftar saja, rata-rata 3 kali daftar baru bisa di Approve oleh Google. Untuk daftar yang kedua usahakan ganti data-data anda, ganti email, blognya, klo perlu ganti topik bahasannya.

Langkah-langkah dan tahapan pembuatan blog :

Menentukan Sumber pendapatan

Menentukan sumber pendapatan itu sangat penting, sebagai dasar untuk menentukan tema. Untuk kali ini, katakanlah sumber pendapatan blog dari Google AdSense dan Amazon.com. Dengan menentukan sumber pendapatan, kita akan lebih mudah untuk selanjutnya dalam menentukan tema blog. Untuk keperluan tersebut kita harus punya akun adsense dan akun amazon.

Cara mendaftar akun Google AdSense ada 2 cara :

1. Langsung mendaftar ke Google Adsense, persyaratannya punya website sendiri berbahasa inggris, ada batasan minimum artikel, umur domain minimum 6 bulan, dll (baca di syarat layanan). Untuk mendapatkan akun google adsense agak sulit, harus sabar, daftar bisa 4-6 kali baru diterima.

2. Mendaftar via situs perantara : http://www.indyarocks.com dan   http://www.docstoc.com Dengan cara ini anda tidak perlu menyertakan website. Tapi untuk docstoc ada persyaratan yaitu bagi hasil, indyarocks tidak.

Cara mendaftar Amazon.com :

Langsung aja pergi ke Amazon.com, persyaratan harus memiliki website berbahasa inggris, tapi tidak dipersyaratkan umur domain dan jumlah artikel, biasanya langsung diterima.

Tapi sebaiknya anda jangan dulu mikirin hal tersebut, yang terpenting rancang dulu websitenya sampai tayang di internet.

Menentukan Tema blog

Tema blog adalah gambaran umum dari keseluruhan isi blog.  Sehubungan dengan sumber pendapatan akan diambil dari Amazon, maka tema-nya harus jenis produk yang ada di Amazon. Misalnya : Electronics, Furniture, Sport, Cell Phones dll. Semua ada di Amazon.com. Dan semua produk Amazon.com sangat relevan dengan PPC Google AdSense. Untuk tema blog dalam bahasan ini ambil saja misalnya tema Furniture.

Mengumpulkan Keyword & Survey pasar

Setelah  menentukan tema blog, yakni Furniture, langkah selanjutnya mencari dan mengumpulkan keyword. Keyword-keyword dimaksud adalah turunan dari keyword utama (Furniture). Untuk apa mengumpulkan keyword ? Jawabannya adalah : sebagai alat untuk mendatangkan pengunjung. Dengan keyword-keyword tersebut pengunjung akan mendatangi blog anda melalui search engine, terutama dari Google. Cara mencari dan mengumpulkan keyword selanjutnya anda pergi ke Google Adword Keyword Tools.

Setelah muncul halaman google adword, pada kotak pencarian keyword ketik : Furniture, lalu isi kode chapcha dengan benar, pada bagian kiri kotak pencarian keyword ada pilihan bahasa dan negara.. lalu anda pilih pilih bagasa Inggris dan negara pilih United States. Selanjutnya klik tombol pencarian di bawah kode chapcha. Setelah itu akan muncul tabel yang berisi kata kunci turunan dari Furniture. Untuk mengetahui nilai klik iklan adword anda anda dapat memunculkan kolom nilai CPC (klik adword).. dan pilih United States (US$) pada bagian kanan atas tabel.

Lanngkah selanjutnya, kumpulkan keyword sebanyak-banyaknya. Pilih keyword yang memiliki nilai local search >1.000 (pencarian lokal kata kunci setiap bulan). Caranya : klik save to exel pada pojok kanan bawah tabel. Setelah itu pada exel anda, lakukan sortir CPC min 1$, local search maksimum100.000. Untuk keyword yang nilai local searchnya>100.000 bisa anda cari keyword turunannya dengan mengetikan keyword tersebut di kotak pencarian keyword.

Mengecek Jumlah Pesaing

Dengan mengumpulkan keyword dan survey pasar, anda sudah menentukan pasar, mengetahui jumlah pencari, mengetahui CPC (berapa dollar google dibayar pemasang iklan adword). Untuk AdSense anda akan dibayar Google sd.40% x CPC.  Iklan adword adalah iklan yang terpasang di bagian kanan situs pencarian google ketika anda browsing. Satu hal lagi yang belum anda ketahui dari data tersebut, yakni berapa jumlah pesaing setiap keyword yang anda kumpulkan. Bagai mana caranya ? Caranya pergi ke Google.com (bukan Google.co.id).

Chek satu persatu semua keyword yang berjumlah 25 hasil survey anda dengan cara megetik keyword pada kotak search Google dengan membubuhkan tanda ” ” (contoh ”furniture”. Kemudian lihat lihat angka pencarian pada bagian kanan kotak pencarian. Jika menunjukan angka <50.000, maka keyword tersebut biarkan pada exel anda. Tetapi jika angka menunjukan >50.000, anda hapus keyword tersebut.. karena agak sulit mengalahkannya. Lakukan berulang-ulang sampai selesai. Mungkin keyword anda tinggal sedikit. Tidak apa-apa. Anda bisa menambah lagi dari turunan keyword furniture yang memiliki nilai pencarian >100.000 tadi.

Selanjutnya keyword yang terseleksi itulah yang akan kita gunakan. Bagai mana cara menggunakan keyword yang telah terseleksi, misalnya tersisa 25 keyword? Jawabannya adalah, buatlah satu keyword untuk satu artikel. Jadi dengan 25 keyword anda harus membuat 25 artikel berbahasa Inggris.

Bagaimana kalau tidak bisa bahasa Inggris ? Gampang.. ! Tapi ingat jangan copas… punya orang lain. Percuma..! blog anda tidak akan bisa bersaing, karena sudah kalah duluan oleh website pemilik artikel yang anda copas. Kecuali yang copas adalah situs yang sudah tinggi PR-nya.

Banyak cara untuk mendapatkan artikel bahasa Inggris :

1. Outsourcing ke orang yang bisa. Cari mahasiswa yang pintar bahasa Inggris, minta bantuan untuk membuat artikel berdasarkan kata kunci tadi. Panjang artikel minimum 280 word. Setiap pharagrap ada kata 1 kunci. Biaya per artikel antara Rp. 10.000,- rb s/d Rp. 15.000,-

2. Pergi ke ezinearticle.com, ketik keyword pada kotak pencarian artikel. Setelah ketemu, copas dan bawa ke translate google, terjemahkan ke bahasa Indonesia. Lalu  tulis ulang dengan bahasa anda sendiri (ambil inti sarinya), tukar posisi pharagrap kalau bisa. Tulis dengan susunan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kalau sudah selesai terjemahkan lagi ke bahasa Inggris. Periksa dengan teliti jangan sampai terselip bahasa Indonesia. Kumpulkan dan print semua hasil terjemahan, lalu minta tolong teman anda yang bisa bahasa Inggris, apakah tata bahasanya sudah benar ? Lakukan perbaikan sesuai hasil edit teman anda. Kalau teman bisa cukup ngasih uang saku sekedarnya khan ?

3. Kalau susah cari mahasiswa untuk outsourcing, cari di google.. ”jasa pembuatan artikel bahasa inggris”. Banyak sekali !

Jika sudah terkumpul semua artikelnya, anda tinggal posting pada blog wordpress berbayar. Cara posting jangan sekaligus, tetapi rutin dan terjadwal setiap hari, atau dua hari sekali. Setiap artikel memiliki maksimum 6 tag. Tag diambil dari turunan kata kunci artikel. Caranya menggunakan Google Adword Keyword Tools seperti yang sudah anda lakukan sebelumnya.

Membuat rancangan blog :

Langkah berikutnya adalah membuat rancangan atau rencana blog anda.  Rancangan dimaksud, ibarat anda akan membangun sebuah toko. AdSense dan Amazon ibaratnya barang-barang yang akan dipajang untuk dijual di toko anda. Keyword-keyword yang anda kumpulkan adalah data pasar, dimana anda sudah mengetahui jumlah pencari produk, jumlah pesaing, dan jenis barang yang dicari calon pengunjung. Selain itu, keyword (keyword utama dan turunannya) itu merupakan tiket masuk ke blog anda. Satu bh keyword harus anda jadikan sebuah artikel. Artikel anda merupakan informasi produk dan berfungsi sebagai media promosi. Keyword utama+ maksimum 5 keyword turunannya anda jadikan tag halaman, dan untuk category bisa anda ambil keyword utama. Judul artikel harus mengandung keyword utama. Contoh “outdoor furniture” adalah keyword utama, maka anda buat judul artikel misalnya : “The Best Buy Outdoor Furniture for Your Home”.

Rancangan blog terdiri dari :

1. Menentukan nama domain (ambil dari keyword yang banyak pencarinya dan CPCnya tinggi.. misal http://www.outdoorfurniture.com).

2. Membuat daftar keyword, daftar keyword turunan (untuk tag dan seo), rencana internal linking, judul artikel, url halaman posting,  All in One SEO Pack (title, description, keyword). Semua komponen tersebut harus sudah anda persiapkan dari sejak awal.  Jika anda sudah memiliki 25 bh keyword, maka harus anda buat 25 judul artikel, 25 x 5 kerword turunan, 25 url halaman, SEO (25 title, 25 description, keyword=turunan tadi). Semua data anda buatkan tabel exel. Catatan : keyword yang dipakai nama domain jangan dibuatkan artikel.

Keseluruhan rancangan blog tersebut ibarat gambar & rab sebuah bangunan/gedung yang dirancang oleh seorang arsitek yang menggambarkan akan seperti apa bangunan atau gedung tersebut setelah jadi nanti. Agar bangunan gedung dapat dilaksanakan sesuai rencana, maka perlu dibuat rencana pelaksanaan atau tahapan-tahapan yang harus dikerjakan.  Begitu pula dengan rancangan sebuah blog, maka perlu ditentukan  jadwal posting, jadwal backlink dsb. Tujuan akhir sebuah blog yang dirancang sedemikian rupa adalah agar blog tersebut optimal (SEO) dan mendapat pengunjung sesuai rencana, serta pengunjung tersebut benar-benar datang melalui tiket-tiket (keyword) hasil riset.

Cara Pasang Google AdSense

Apabila sudah diterima permohonan jadi publisher Google AdSense, maka sekarang tinggal memasang kode HTML-nya di blog Anda. Ingat, Google AdSense hanya keluar iklannya apabila blog kita menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Eropa lain plus Mandarin, Jepang dan Korea, bukan bahasa Indonesia.

Kalau blog Anda bahasa Indonesia, cukup memasang google AdSense referral saja.

Proses pengambilan kode :

1. Setelah login ke google.com/adsense, klik AdSense Setup.

2. Klik AdSense for Content;

3. Kasih tanda tik/cek di menu Ad Unit (biasanya sudah otomatis/by default), di bagian paling bawah klik menu CONTINUE;

4. Di menu FORMAT, ada menu kotak scrolldown, pilih format ukuran iklan yg akan Anda pasang. Contoh, pilih 200×200 Small Square, terus klik CONTINUE (di bagian paling bawah);

5. Klik lagi CONTINUE (bagian paling bawah);

6. Ada kode HTML/javascript di situ, copy/paste dan simpan di notepad;

7. Masukkan ke dalam template blog Anda.

8. SAVE dan REPUBLISH (untuk blogger lama); atau SAVE saja (untuk blogger baru).

9. Selesai.

Untuk Pasang Google AdSense di Blogger Baru dapat langsung login id-Adsense Anda via blog dan bisa dipasang di sidebar dan/atau di footer (tutorial lebih detil menyusul).

Tip:

1. *Umumnya ukuran 200×200 Small Square untuk ditaruh di Sidebar; sedangkan untuk ditaruh di tengah dekat artikel biasanya memakai ukuran 300×250 Medium Rectangle atau 250×250 Square.

2. Jumlah maksimum iklan yg dapat dipasang sebanyak tiga. Bila lebih dari tiga, maka iklan tsb tidak akan keluar. Contoh format-format ukuran AdSense bisa dilihat di sini.

Update:

AdSense Link Unit

Ada dua macam AdSense for Content (1) AdSense Ad Unit (2) AdSense Link Unit. Tutorial AdSense Ad Unit sudah disebut di atas. Sedang untuk mendapatkan kode AdSense Link Unit caranya sama dg AdSense Ad Unit, bedanya cuma di nomor 3, di sini kasih tanda tik/cek di menu “Link Unit”, aturan selanjutnya sama dg prosedur Ad Unit.

Beda Ad Unit dan Link Unit

1. Apabila ada visitor yg mengklik Ad Unit, maka otomatis publisher yaitu Anda sendiri dibayar oleh Google; sedangkan kalau visitor mengklik Link Unit publisher tidak dibayar kecuali apabila visitor tsb. mengklik link berikutnya yakni link-link yg terdapat setelah visitor mengklik link di Link-Unit.

2. Batas Ad Unit yg dapat dipasang di halaman blog maksimum 3 (tiga), sedangkan Link Unit cuma satu.***

Tips Google Adsense Untuk Para Blogger

Tips pertama :
Format Ads
Pilih format yang sesuai . Anda boleh pilih banner , skysrappers , squares , link dan sebagainya. Anda boleh meletakkan adsense lebih dari 3 iklan dalm 1 page/halaman tetapi saran saya jangan terlalu banyak karena jika tidak ada yang klik juga percuma , ya kan ?

Tips kedua :
Pastikan ads tidak seperti kelihatan ads
Maksud saya orang mencari informasi di internet bukan untuk mengklik iklan ads . Jadi kesimpulannya biarkan bentuk ads secara by : default .

Tips ketiga :
Gunakan task ads dan search for content
Rata – rata orang mengunakan kedua ini mereka sangat jarang menggunakan banner . Lihat saja anda sendiri anda pasti jarangkan mengklik banner , benar gak hehe ….

Tips keempat :
Cara menaruh ads
Cara menaruh ads itu sangat penting didalam blog anda , jangan menaruh ads yang tidak terlihat orang , karena nantinya anda sendiri yang akan rugi .

Tips kelima :
Jangan pakai border
Seperti tips no.2 biarkan ads secara default .

Tips keenam :
Warna task pastikan warna task ads anda sama seperti warna tulisan blog anda .

Tips ketujuh :
Kurangi ads
Jangan terlalu banyak menaruh ads diblog anda karena kalau anda menaruh terlalu banyak juga percuma karena nilai iklan ads yang keluar ada yang bernilai rendah.

Tips kedelapan :
Anda boleh selang selingkan ads .

Tips kesembilan :
Sertakan google search box
Strategi ini adalah misalnya ada orang yang mencari informasi diblog anda dan mereka masih belum puas dengan informasinya sedangkan informasi yang mereka cari tidak ada diblog anda , Pertannyaan saya apa yang akan mereka lakukan ? Pasti mereka menggunakan google search untuk mengetahui lebih dalam . Saya beri contoh : “ Can’t Find what you’re looking for ? Try google search . Atau masih belum puas mencari informasi silah kan gunakan google search ? Dorong orang agar mengunakan google search itu?

Tips kesepuluh :
Jangan menggunakan keyword spam .
Misalnya anda mencari informasi di search engine tentang buku . kemudian ada link mengenai buku , begitu anda buka link tersebut tau – tau link tersebut tentang film ? Kesal tidak anda , pasti anda kesal saya saja kesal karena orang merasa dibohongi ?

Tips kesebelas :
keyword anda
Pastikan keyword anda bernilai tinggi atau biasa disebut High Paying keyword , untuk lebih jelasnya cari informasi di google dan pelajari sedikit demi sedikit .
Tips keduabelas :
Gunakan channel
Untuk yang 1 ini kalau anda di terima google team ada harus log in dulu di google adsense .

Tips ketigabelas :
Promosi
Bagian ini sangatlah penting , darimana orang melihat blog anda kalau bukan promosi , betul gak hehehe…. Saran saya promosi di forum , komunitas blog dunia , dan tukar link sesama pemain google ads atau para blogger mania dll .

Tips telakhir :
Belajar terus, berusaha terus, jangan pantang menyerah,semua pasti ada jalan, selain berusaha jangan lupa di iringi dengan berdoa dan rajin beribadah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s