Strategi Memaksimalkan SEO

Langkah Optimasi

1. Tulis dan buat content yang unik (prioritas tertinggi): content yang unik sangat penting. Perlu bagi pembuat dan pemilik website untuk memiliki content yang memiliki informasi berbeda dari website-website lain yang ada di internet.
2. Selalu melakukan up date content (prioritas tertinggi): website yang memiliki content yang selalu di update secara teratur akan menjadi lebih hidup dari pada website yang jarang melakukan update. Hal ini juga membantu meningkatkan relevansi content atas website, dan sangat mempengaruhi rangking.
3. Gunakan Keyword phrase yang tepat (prioritas tertinggi): hal pertama yang harus dilakukan ketika bekerja dengan SEO adalah menemukan keyword phrase yang tepat. Jangan mencoba untuk melakukan optimasi atas keseluruhan site hanya dengan satu keyword phrase, tetapi fokuskan usaha pada penulisan content page untuk keyword dan phrase yang spesifik.
4. Pilih phrase yang populer, tetapi jangan terlalu populer (prioritas tertinggi): ketika memutuskan sebuah keyword phrase, kita ingin mendapatkan keyword yang populer tetapi bukan yang sangat atau terlalu populer. Dalam hal pemilihan keyword yang populer bukan yang terlalu populer sepertinya bertentangan dengan intuisi, tapi realitasnya adalah keyword yang sangat populer itu umumnya terlalu umum dan luas serta sangat diinginkan oleh semua pemain online sehingga tingkat persaingannya sangat tinggi. Sebaiknya, lakukan optimasi pada keyword yang tepat dan dapat dioptimasi dengan baik, sehingga posisi bisa menjadi tinggi. Dengan menggunakan keyword yang tidak terlalu populer sangat besar kemungkinan kita untuk mendapatkan pageview tinggi meskipun kita berada di halaman dua sekalipun, daripada bersaing di keyword yang populer akan tetapi hanya dapat berada di halaman 50.
5. Buatlah website yang accessible (prioritas tertinggi): accessible HTML adalah yang dapat di akses baik oleh search engine spider serta dapat di baca oleh pengunjung atau visitor. Semakin mudah diakses page yang kita buat, akan semakin mudah search engine untuk membacanya dan merangking page-pagenya.
6. Gunakan keyword phrase didalam title tag (prioritas tertinggi): title tag adalah salah satu tag terpenting didalam sebuah webpage. Dengan menuliskan keyword phrase di title tag, sebaiknya di bagian atas atau awal, adalah sangat penting untuk membuat phrase tersebut masuk ke search engine. Ditambah lagi, ini membuat keyword phrase akan di tempatkan sebagai link di index search engine.
7. Gunakan domain dengan keyword phrase (prioritas tertinggi): menggunakan keyword phrase sebagai nama domain adalah salah satu cara terbaik untuk lebih mengoptimalkan phrase tersebut.
8. Gunakan keyword phrase pada URL (prioritas tertinggi): jika tidak dapat menggunakan keyword dalam nama domain, keyword dapat gunakan di URL. Search engine membaca URL dan memberikan nilai pada teks yang ada di dalamnya.
9. Gunakan banyak keyword phrase, tapi jangan berlebihan (prioritas tertinggi): rasio perbandingan antara keyword terhadap teks dalam page disebut keyword density. Sangatlah penting untuk mengulang keyword dalam dokumen, tapi jangan berlebihan. Prosentasi keyword density seharusnya antara 3% – 7% untuk keyword phrase utama dan 1%-2% untuk secondary keyword atau keyword phrase.
10. Gunakan keyword phrase sebagai headline (prioritas tertinggi): headline tags (h1, h2, h3, etc.) adalah tempat yang tepat untuk meletakkan keyword phrase dan secondary keyword. Search engines menyadari jika headline lebih penting dibandingkan dengan teks-teks lain di sekitarnya, sebaiknya letakkan keyword disana untuk mendapatkan nilai lebih.
11. Gunakan keyword phrase dalam anchor textlink (prioritas tertinggi): link text adalah tempat lain yang tepat untuk meletakkan keyword phrase. Disetiap webpage keberadaan link biasanya lebih menonjol dibandingkan dengan teks yang lain.
12. Mintalah orang lain untuk melink ke website kita (prioritas tertinggi): cara bagus untuk mendapatkan inbound link adalah dengan meminta orang lain untuk melink ke web kita. Tetapi jangan berlebihan, cross-linking yang berlebihan akan dianggap sebagai spam. Berhati-hatilah dengan membeli link dari pihak ke tiga.
13. Usahakan keyword phrase ada dalam incoming link (prioritas tertinggi): inbound link merupakan salah satu cara untuk menaikkan page rank. Tetapi kita tidak dapat mengontrol bagaimana orang me-link ke page kita. Seandainya mereka tidak mau menggunakan phrase yang mendekati keyword prase kita. Yang perlu di ingat adalah, mereka melakukan link secara sukarela, seandainya memungkinkan kita dapat memintanya dengan baik-baik kepada mereka untuk menggunakan phrase yang kita kehendaki, karena terkadang mereka bisa sangat sensitive. Bila tidak hati-hati, bisa jadi mereka akan menghapus link ke webpage kita. Cara lain untuk menempatkan keyword phrase dalam inbound link adalah dengan menyediakan teks link siap pakai. Contohnya :P lease link to this page: <a href=”http://marketbiz.net/index.php”>SEO Indonesia Services</a>
14. Buat sebanyak mungkin content (prioritas menengah): content adalah segalanya. Semakin banyak content yang ada di dalam site, akan semakin besar kemungkinannya untuk terindeks  dan muncul di search engine.
15. Usahakan content website tetap dalam satu tema (prioritas menengah): tema atau topik dari keseluruhan site sangat penting. Jika kita memiliki banyak page dengan satu tema, akan meningkatkan kredibilitas tiap page.
16. Peliharalah site kita (prioritas menengah): karena page-page yang sudah lama (di domain yang sama) akan memiliki rangking lebih tinggi dibandingkan dengan page yang baru (di dalam domain yang sama).
17. Buat sitemap (prioritas menengah): search engine suka sitemap, bukan untuk perankingan, tapi untuk menemukan link dalam website kita. Sitemap dapat berbentuk XML sitemap atau Google sitemap, bahkan sitemap dengan HTML biasapun bisa dipakai.
18. Buatlah link untuk semua major image (prioritas menengah): penting untuk selalu membuat link image karena orang sering meng-klik image. Search engine juga menilai lebih content yang memiliki link. Kuncinya adalah selalu menyertakan alternatif link. Semua image yang dapat dilihat pengunjung harus ter-link.
19. Page harus selalu up-to-date (prioritas menengah): page-page yang secara reguler di up date akan mendapat prioritas dibanding page lama yang tidak pernah di update. Dalam hal ini tidak hanya membenarkan ejaan yang sudah ada tapi juga melakukan perubahan kecil dan reguler biasanya lebih efektif.
20. Jika harus memakai frame, selalu gunakan noframes tag (prioritas menengah): frame dan search engine sebenarnya saling bertentangan. Tapi kalau harus memakai frame, berarti harus menyertakan nonframe version.
21. Jika harus memasang Flash, selalu sertakan alternatif text (prioritas menengah): flash dan search engine juga bertentangan, tapi jika harus ada flash berarti harus disertakan juga alternatif text yang mendiskripsikan apa yang ada dalam flash element tersebut. Jika menggunakan flash untuk keseluruhan site, harus disertakan alternatif version dari complete site dalam HTML sehingga search engine dan non-Flash browser dapat melihat dan menampilkannya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s